7 Cara Kompres Foto via Web dan Aplikasi (Android) Terbaru

Kadang, ada yang gagal mengupload atau mengunggah foto untuk berbagai keperluan karena ukuran foto yang terlalu besar. Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya Anda mempelajari cara kompres foto yang paling mudah untuk memperkecil ukuran foto Anda sehingga bisa dikirimkan dengan mudah.

Banyak website yang menetapkan batasan maksimal untuk file foto yang akan dikirim, bisa 5 MB atau bahkan 200 KB saja. Mengkompres foto adalah sebuah solusi untuk memenuhi batasan.

Berbagai Cara untuk Memperkecil Ukuran Foto dengan Web

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda coba untuk membuat ukuran foto menjadi lebih kecil tapi kualitas fotonya tidak berubah. Sehingga nanti hasilnya foto Anda akan mengecil dengan kualitas foto tetap sama sehingga foto tetap terlihat jelas, tidak blur atau pecah.

Mengkompres foto jadi lebih dibutuhkan saat ini karena pada umumnya smartphone mempunyai kamera yang resolusinya sangat tinggi. Hasilnya, foto yang diambil pun jadi mempunyai ukuran yang sangat besar. Anda bisa mengkompres foto baik secara online atau dengan menggunakan aplikasi tertentu.

1. Kompres foto online dengan Compress JPEG

Cara yang pertama adalah dengan mengunjungi situs web kompres foto dari smartphone atau dari PC Anda. Tidak perlu repot mengunduh aplikasi tertentu karena alat kompres yang satu ini berbasis web dan sangat mudah untuk digunakan. Ikuti langkah-langkah ini untuk mulai mengkompres foto.

  • Jalankan web browser apapun di perangkat seluler maupun di PC. Kemudian ketikkan alamat Compress JPEG yaitu https://compressjpeg.com/id di bagian address bar. Halaman berandanya akan langsung menampilkan alat kompres lengkap dengan Bahasa Indonesia.
  • Jika menggunakan smartphone, tap pada tombol Unggah File lalu pilih foto dari penyimpanan smartphone Anda untuk menguploadnya ke Compress JPEG. Kalau menggunakan PC, langsung seret file gambar atau foto ke bagian Letakkan File Anda Disini.

Jalankan-web-browser-apapun-di-perangkat-seluler-maupun-di-PC

  • Anda bisa mengunggah beberapa file foto sekaligus dan masing-masing akan dikompres sendiri. Selanjutnya Anda bisa mengunduh satu per satu gambar yang sudah di kompres dengan mengklik tombol Unduh di bagian bawah setiap gambar.
  • Atau Anda bisa mengunduh semuanya sekaligus dengan mengklik tombol Unduh Semua. Jika Anda memilih untuk mengunduh semua gambar sekaligus, Compress JPEG akan menyimpan semua gambar di dalam satu file ZIP yang bisa Anda ekstrak nantinya.

Setelah semua file berhasil di unduh, Anda bisa mulai menggunakannya untuk berbagai keperluan. Jika akan dikirimkan melalui email atau situs web tertentu, pastikan ukurannya tidak melewati batas maksimal sehingga tidak akan muncul kendala gagal kirim lagi.

2. Cara kompres foto dengan Image Compressor

Image Compressor punya nama lain yaitu Optimizilla dengan ikon dinosaurus yang lucu di halaman berandanya. Tampilan situs web khusus untuk mengubah ukuran foto secara online ini mirip dengan situs web yang pertama di atas. Tapi ada sedikit perbedaan dalam penggunaannya.

  • Buka web browser di smartphone atau di PC yang Anda gunakan untuk mengubah ukuran foto. Ketikkan alamat Optimizilla yaitu https://imagecompressor.com/id di address bar lalu tunggu sampai halaman berandanya selesai dimuat.
  • Seret hingga 20 foto atau pilih maksimal 20 foto setelah Anda mengklik tombol Unggah File. Setiap file gambar yang Anda unggah akan langsung dikompress ukurannya menjadi lebih kecil. Yang unik adalah bagian pengubah ukuran di bagian bawah halaman beranda ini.

Seret-hingga-20-foto-atau-pilih-maksimal-20-foto

  • Klik salah satu foto kemudian pindah ke bagian bawah. Anda akan melihat ukuran asli foto tersebut dan sebuah slider untuk mengatur kualitas foto secara manual sesuai selera. Pindahkan kualitasnya sampai Anda mendapatkan ukuran yang paling sesuai.
  • Setelah yakin dengan perubahan ukuran tersebut, klik pada tombol Ubah dan ukuran foto yang tadi sudah dikompres bisa dibesarkan lagi atau dikecilkan lagi sesuai kebutuhan. Cara ini bisa membantu Anda mendapatkan file gambar dengan ukuran yang paling pas.
  • Selanjutnya, tinggal unduh salah satu gambar dengan tombol Unduh atau tap tombol Unduh Semua agar semua file langsung tersimpan di penyimpanan dalam bentuk ZIP. Ekstrak file tersebut untuk menggunakan gambar yang sudah diekstrak untuk berbagai kebutuhan.

Kalau Anda ingin mengubah setiap ukuran foto, klik pada setiap gambar yang ingin diubah kualitas dan ukurannya. Lalu ulangi langkah ketiga di atas pada setiap gambar yang akan disesuaikan ukuran dan kualitasnya. Cara ini sangat efektif untuk mengubah ukuran foto dalam jumlah banyak sekaligus.

3. Memperkecil ukuran foto dengan Img2Go

Alat kompres foto berbasis online lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengubah ukuran foto adalah Img2Go. Alat kompres foto yang satu ini punya tampilan yang lebih rumit dibandingkan dengan 2 alat sebelumnya. Berikut cara kompres foto dengan menggunakan Img2Go.

  • Jalankan aplikasi web browser di perangkat Anda kemudian ketikkan alamat https://www.img2g.com/id/kompres-gambar di bagian address bar. Anda bisa membuat akun atau masuk dengan akun yang sudah Anda miliki atau langsung menggunakan alatnya.

Jalankan-aplikasi-web-browser-di-perangkat-Anda-kemudian-ketikkan-alamat

  • Pengguna bisa mengunggah file foto atau gambar dari penyimpanan, Google Drive, Dropbox, atau dengan memasukkan alamat URL gambar yang ingin dikompres. Anda bisa mengunggah satu gambar saja atau beberapa gambar
  • Anda bisa memilih Kualitas Terbaik jika tidak ingin mengurangi ukuran foto atau gambarnya. Atau pilih File Terkecil jika Anda lebih mengutamakan ukuran gambar dan bukan kualitasnya. Ada juga alat pengatur Kualitas yang bisa Anda geser sesuai dengan kebutuhan.
  • Pengaturan Opsional bisa digunakan untuk mengubah format gambar menjadi JPG atau PNG, mengubah warna gambar, mengubah ukuran gambar dalam pixel maupun persen. Anda bisa mengubah atau melewati bagian ini dan langsung mengklik tombol Mulai.
  • Tunggu sampai semua gambar Anda selesai dikompres. Selanjutnya klik Download di samping setiap judul gambar untuk mengunduh gambar satu per satu. Atau klik Download File ZIP untuk mengunduh semua gambar sekaligus.
  • Situs web ini juga menyediakan alat pengeditan lanjutan seperti Putar Gambar, Editor Foto, Gambar Watermark, Pangkas Gambar, Konversi Gambar ke Dokumen, dan lain sebagainya. Anda bisa mengedit gambar terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.

Di bagian bawah situs web ini ada bagian Masukan yang bisa Anda gunakan untuk memberikan penilaian pada alat kompres foto berbasis online yang satu ini. Ada juga fitur pengeditan yang lebih lengkap yang hanya bisa digunakan setelah Anda mendaftar atau login dengan akun yang sudah ada.

Selain ketiga alat di atas, masih ada banyak situs untuk mengkompres foto secara online. Misalnya, ada www.imageonline.com dan https://tinyjpg.com/. Masing-masing alat kompres foto berbasis web punya kelebihan dan kelemahannya sendiri. Gunakan yang menurut Anda paling mudah.

Cara Kompres Foto dengan Aplikasi Android

Selain menggunakan alat kompres foto berbasis online di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi dari Play Store untuk mengubah ukuran foto yang ada di perangkat Android. Memasang aplikasi pengubah ukuran foto bisa dilakukan jika Anda sering membutuhkan alat kompres foto ini.

Dengan adanya aplikasi untuk mengubah ukuran foto di smartphone Android, Anda jadi tidak perlu mencari-cari situs web setiap kali harus memperkecil foto tertentu untuk dikirimkan atau digunakan. Berikut ini beberapa aplikasi Android paling bagus yang bisa dipakai untuk mengubah ukuran gambar.

1. Mengubah ukuran foto menggunakan Lit Photo

Aplikasi pertama untuk mengkompres foto bernama Lit Photo yang bisa ditemukan di Play Store. Aplikasi ini hanya berukuran 3,8 MB dan bisa dipasang di perangkat Android dengan versi minimal 5.0 atau lebih tinggi. Begini langkah-langkah menggunakan aplikasi Lit Photo.

  • Jalankan Play Store lalu ketik Lit Photo di kolom pencarian. Setelah aplikasi Lit Photo ditemukan, tap tombol Install untuk mengunduh dan memasang aplikasi pengedit foto yang satu ini. Tunggu sampai aplikasi berhasil terpasang di smartphone Android.
  • Jalankan aplikasi Lit Photo, halaman utamanya akan menampilkan beberapa pilihan menu yaitu Crop Photo, Resize Photo, serta Compress Photo. Untuk mengubah ukuran foto tap pada pilihan Compress Photo.
  • Kemudian cari dan pilih foto yang ukurannya akan Anda ubah menjadi lebih kecil. Anda boleh memilih satu foto saja atau langsung beberapa foto. Setelah selesai memilih foto, tap pada tanda centang yang ada di kanan atas jendela aplikasi Lit Photo.
  • Halaman berikutnya akan menampilkan Compression Options. Gunakan alat-alat yang disediakan di bagian ini untuk mengatur ukuran dan kualitas dari file foto yang ingin Anda kompres. Anda juga bisa memilih untuk mempertahankan resolusi foto.

Halaman-berikutnya-akan-menampilkan-Compression-Options

  • Setelah selesai mengatur ukuran, kualitas, dan resolusi foto tersebut, tap pada tombol Start Compressing. Tunggu sampai Lit Photo selesai mengubah ukuran dan kualitas foto menjadi lebih kecil dan siap untuk digunakan.

Setelah proses kompres foto selesai dilakukan, hasil file yang telah dikompres akan langsung tersimpan di penyimpanan smartphone Android Anda. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan tujuan awal Anda tadi dan mengirimkannya tanpa mengalami kegagalan karena ukuran foto yang terlalu besar.

2. Cara kompres foto dengan aplikasi Qreduce Lite

Aplikasi kompres foto Qreduce Lite buatan Mobso Apps ini ada di Play Store dan mendapatkan rating yang tinggi. Ukuran aplikasinya hanya 3,3 MB saja dan bisa diinstal di smartphone dengan versi Android minimal 4.1, lebih kecil dan fleksibel daripada aplikasi yang pertama di atas.

  • Untuk menggunakan aplikasi ini, buka Play Store lalu cari aplikasi Qreduce Lite dengan menggunakan kolom pencarian. Tap Install untuk memasang aplikasi tersebut di perangkat Android yang Anda gunakan untuk memperkecil ukuran foto.
  • Jalankan aplikasi Qreduce Lite yang sudah terpasang lalu tap pada menu Choose File yang bisa digunakan untuk memilih file gambar atau foto untuk dikompres atau diperkecil ukurannya. Tunggu sampai foto yang akan diubah ukurannya muncul di halaman Qreduce Lite.

Jalankan-aplikasi-Qreduce-Lite-yang

  • Kemudian Anda bebas mengatur ukuran final foto dalam KB yang akan dihasilkan setelah proses kompresi. Ukuran asli foto akan ditampilkan di bagian atas sehingga Anda bisa membandingkan ukuran aslinya dengan ukuran yang Anda tentukan.
  • Tap pada tombol Start yang ada di bagian bawah ukuran untuk mulai memperkecil ukuran foto sesuai dengan ukuran yang sudah Anda tetapkan tadi. Setelah proses kompresi selesai, Anda akan melihat hasil foto yang sudah diperkecil ukurannya.

Hasil gambar yang dikompres dengan alat ini akan tersimpan dalam format JPEG atau JPG. Kalau Anda mengubah gambar dengan background transparan dalam format PNG, transparansinya tidak akan tetap ada karena format gambar akan berubah dan backgroundnya tidak akan tetap transparan.

3. Menggunakan Photoczip untuk mengkompres foto

Aplikasi ketiga yang bisa digunakan adalah aplikasi buatan Eson Yu yang ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan kedua aplikasi sebelumnya, yaitu 2,5 MB saja. Photoczip hanya bisa digunakan di perangkat seluler yang versi Androidnya minimal 5.0 atau lebih tinggi. Begini cara menggunakannya.

  • Buka Play Store, cari dan temukan aplikasi Photoczip buatan Eson Yu. Tap tombol Install untuk memulai proses pemasangan aplikasi kompres foto ini di perangkat Android Anda. Setelah proses download dan instal aplikasi selesai, jalankan app Photoczip.
  • Aplikasi ini akan meminta izin agar bisa mengakses galeri yang ada di perangkat Android. Pastikan Anda memilih Izinkan¬†agar app ini bisa berjalan dengan baik. Setelah itu Anda bisa mulai menggunakan Photoczip untuk memperkecil atau mengubah ukuran file gambar.
  • Pilih beberapa foto atau salah satu foto yang ukurannya akan Anda ubah atau diperkecil. Selanjutnya tap pada pilihan Compress. Sebuah pop up akan muncul dan bisa Anda pakai untuk mengatur resolusi serta kualitas gambar atau foto.

Pilih-beberapa-foto-atau-salah-satu-foto-yang-ukurannya-akan-Anda-ubah-atau-diperkecil

  • Setelah selesai mengatur resolusi dan kualitas foto, tap pada pilihan OK. Photoczip akan mulai melakukan proses kompresi secara otomatis. Hasil foto yang sudah dikompres juga otomatis tersimpan di penyimpanan Android Anda.

Anda juga bisa langsung mengirimkan file yang sudah selesai dikompres atau diubah ukurannya dengan berbagai cara. Tersedia pilihan berbagai melalui Gmail, Bluetooth, Hangouts, dan lain sebagainya. Cara kompres foto dan berbagi foto dengan Photoczip sangat mudah dan praktis.

4. Mengkompres foto menggunakan aplikasi Photo Compress 2.0

Photo Compress 2.0 adalah app untuk mengkompres foto buatan pengembang Saawan Apps. Ukuran aplikasinya adalah yang paling kecil, yaitu 1,7 MB saja. Selain itu, Photo Compress 2.0 juga bisa di pasang di perangkat Android yang versi minimalnya 3.2 dan yang lebih tinggi.

  • Cari dan temukan aplikasi Photo Compress 2.0 dari Saawan Apps di Play Store. Tap Install dan tunggu sampai aplikasi ini terpasang di perangkat Android. Setelah aplikasinya berhasil terpasang, jalankan aplikasi Photo Compress 2.0.
  • Photo Compress 2.0 akan menampilkan 3 pilihan cara untuk mengambil foto yang akan dikompres. Ketiga cara tersebut adalah Compress and Resize Multiple Photos, Camera, dan Gallery. Tap Gallery jika Anda ingin mengkompres salah satu foto di penyimpanan.
  • Tap menu Camera kalau Anda ingin mengkompres foto yang diambil secara langsung dari kamera smartphone Anda. Dan tap menu Compress and Resize Multiple Photos jika ada beberapa foto di penyimpanan smartphone yang akan dikompres.

Tap-menu-Camera-kalau-Anda-ingin-mengkomp

  • Photo Compress 2.0 akan menampilkan ukuran asli foto tersebut dan ukuran foto setelah dikompres. Anda bisa menggunakan alat pengeditan lainnya seperti Crop, Resize, atau Compress untuk menyesuaikan tingkat kompresi sesuai keinginan Anda.
  • Setelah menentukan tingkatan kualitas kompres, tap pada tombol Compress. Foto yang sudah selesai di kompres akan muncul dengan perbandingan ukuran asli dan ukuran setelah dikompres.

Selain keempat aplikasi di atas, masih banyak cara kompres foto dengan berbagai aplikasi lain yang memang dirancang untuk mengkompres foto dan gambar. Contohnya adalah Puma Image Compressor & Image Resizer yang mendapatkan rating sangat tinggi dan banyak review positif di Google Play Store.

App buatan Farluner Apps & Games ini berukuran 10 MB dan bisa dipasang di Android versi 4.4 dan yang lebih tinggi. Tersedia 2 mode kompres berbeda di aplikasi ini, yaitu kompres simpel, kompres sesuai ukuran yang Anda inginkan, dan kompres sesuai kualitas dan resolusi yang Anda inginkan.

 

Lihat Juga :