PT SINGA MAS INDONESIA (SMI) merupakananak perusahaan Charoen Pokphand Group yang didirikan pada tanggal 7 Maret 2014. Perusahaan ini khusus bergerak di industry beverage Ready To Drink dengan brand 'FIESTA' untuk produk-produk utamanya.Fiesta dikenal sebagai brand yang mengusung kualitas dan mutu produk-produknya.
PT SMI memiliki dua pabrik, yaitu di Cikande Jawa Barat dan di Pandaan Jawa Timur. Penjualan produk-produknya merata di seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. Keberhasilan pemasaran dan penjualan Fiesta White Tea, Fiesta Black Tea, Serrr, dan Fruitamax membuat SMI semakin dikenal di jajaran minuman ready to drink (RTD). Di tambah lagi saat ini SMI sudah menjadi anggota Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI).
Produk Fiesta White Tea ini terbukti bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, melindungi jantung, menurunkan kadar gula darah, mencegah gejala diabetes melitus, mengurangi penuaan, pengerutan pada kulit, serta mencegah terjadinya mutasi sel penyebab kanker dan sebagai antivirus serta antimikroba, apalagi jika diminum secara rutin. Minuman teh ready-to-drink dengan bahan dasar white tea pertama di Indonesia dengan nama brand Fiesta White Tea dengan tiga pilihan rasa, yaitu Jasmine, Lychee, dan Peach.
White tea dipetik dari daun teh termuda yang belum mekar dan masih dalam bentuk kuncup. Daun teh termuda ini dikenal dengan istilah silver needle atau jarum perak. Setelah dipetik, white tea akan melalui proses penguapan, lalu dikeringkan dalam waktu singkat tanpa proses fermentasi sama sekali, sebelum akhirnya diproses menjadi daun teh kering. Proses yang singkat ini dilakukan untuk menjaga antioksidan white tea tetap tinggi.
Yohan Arsianto, Brand Manager Fiesta White Tea & Fiesta Black Tea mengatakan, PT SMI menggunakan teknologi Aseptic Cold-Filling untuk menjaga kualitas aroma, rasa, dan kebaikan teh tersebut.
"Daun teh yang sudah diproses menjadi minuman dipanaskan pada suhu 136 derajat celcius selama beberapa detik untuk mematikan mikroba tanpa merusak daun tehnya. Setelah itu, minuman dikemas dalam botol steril pada suhu 25 derajat celcius sehingga Fiesta White Tea tahan untuk jangka waktu lama selama tutupnya masih tersegel sempurna," Yohan Arsianto.
Karena menggunakan daun teh termuda dan proses yang singkat itulah, lanjut Yohan, sehingga membuat rasa Fiesta White Tea sangat ringan tehnya dan menyegarkan.
Setelah Fiesta White Tea, giliran Fiesta Black Tea yang meraih The Inspiring Tea Award. Black itu menggoda, black itu keren, black itu nikmat, black itu Fiesta Black Tea. Fiesta Black Tea enaknya pasti.
Dan saat ini, di semester dua tahun 2017, PT SMI mulai fokus menggarap pasar air mineral dengan mengeluarkan produk terbarunya, yaitu Frozen Mineral Water.
Public Relations dan Marketing Event Manager PT SMI, Santo Kadarusman mengatakan, keputusan perusahaan untuk memproduksi air mineral ini untuk meramaikan persaingan produk air mineral dan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang ada di pasaran. Apalagi, produk Frozen yang diluncurkan oleh PT SMI telah meraih predikat Best New Comer for Mineral Water with Ozone Injection and Ultra Filtration Technology in Indonesia.
Dengan adanya Frozen Mineral Water dan produk SMI lainnya di pasaran seperti Fiesta White Tea, Fiesta Black Tea, Serrr, dan Fruitamax ditambah dengan peluncuran produk baru lainnya, maka bisa jadi target SMI akan naik 200-300 persen sampai dengan akhir tahun 2017. ujar Santo Kadarusman.
Sementara Brand Manager Cups & Frozen, Laurensius Zaoputra mengatakan, produk-produk SMI adalah Serrr, minuman teh dalam kemasan cup 200 ml, Fruitamax Pop, minuman berperisa (berasa dan beraroma) dalam kemasan cup 200, dengan pilihan rasa Jeruk, Stroberi, Mangga & Nenas. Ada pula Fruitamax Jelly, minuman 'agar' berperisa dalam kemasan cup 150 ml, rasa Stroberi dan Jeruk.
Perkembangan penjualan produk minuman SMI dari bulan ke bulan, tumbuh rata-rata 1030%. Penjualan paling bagus terjadi pada bulan Puasa, Idul Fitri, dan menjelang Natal Tahun Baru. Kemungkinan produk SMI digunakan untuk berbuka puasa, parcel, atau acara Halal Bihalal serta di Natal Tahun Baru.
Khusus di Jawa Bali, Fiesta White Tea, Fiesta Black Tea & Frozen, 70% penjualannya ke Modern Channel, sementara di Pasar Tradisional hanya sebesar 30%. Sedangkan segmentasi, targeting, dan positioningnya sejak pertama kali peluncuran di tahun 2015, produk SMI dibuat dan diperuntukkan untuk kalangan menengah dan papan atas. Namun sekarang SMI juga sudah memiliki produk-produk untuk menengah bawah.
Selama berkiprah di dunia minuman ini, PT SMI telah menerima beragam penghargaan, award, dan anugerah, antara lain Top Tech Choice 2016, Best Innovator In White Tea-Asian Silver Needle Tea-Cold Filling Drink Technology.
Kemudian Rainforest Alliance Certified, sertifikasi yang diberikan kepada kebun teh yang berupaya untuk melindungi keanekaragaman hayati serta memastikan kehidupan yang berkelanjutan. Selain itu juga Marketing Award untuk The Best in Market Driving untuk Fiesta White Tea karena menggunakan bahan utama white tea dan merupakan yang pertama di Indonesia.
The Inspiring Tea Award untuk Fiesta Black Tea. Black itu menggoda, black itu keren, black itu nikmat, black itu Fiesta Black Tea. Fiesta Black Tea enaknya pasti. Selanjutnya Best New Comer for Mineral Water with Ozone Injection and Ultra Filtration Technology in Indonesia untuk Frozen.
IBCA atau Indonesia Business & Company Award, apresiasi untuk PT Singa Mas Indonesia, anak perusahaan Charoen Pokphand sebagai perusahaan yang memiliki kapasitas, dedikasi dan profesionalisme.
Selain agenda marketing, SMI juga concern dalam tanggung jawab sosial perusahaan atau program Corporate Social Responsibility. Belum lama ini, bertempat di Universitas Trisakti, SMI mengadakan program CSR dengan mengundang pakar CSR untuk berdiskusi bersama dalam hal CSR yang berkesinambungan.
Sedangkan prestasi CSR-nya adalah mendukung PMR PMI tingkat Nasional di Makassar, Mendukung Atlet Jatim bersama KONI dan Gubernur Jatim, Program Mudik Bersama BUMN dan Gubernur Jateng, Peduli Longsor Purworejo Jateng, kemudian Bersih-Bersih Sungai dengan Kemenpora, dan Haornas Sidoarjo Jawa Timur 2016 bersama Kemenpora dan Presiden Republik Indonesia, PON XIX bersama KONI dan Gubernur Jabar, selanjutnya Peduli Banjir Garut Jawa Barat dan Peduli Gempa Aceh.
Santo menambahkan, bahwa di semester pertama SMI telah berhasil memproduksi jutaan minuman dalam botol dan gelas. Sementara untuk sisa enam bulan berikutnya di tahun 2017 ini, SMI akan tetap konsisten memproduksi lebih banyak untuk menutupi permintaan di Indonesia.
"Kami yakin hal ini dapat dilalui dengan baik karena SMI telah eksis di Indonesia, apalagi brand Fiesta sudah dikenal selama 20 tahun sebagai brand yang mengusung kualitas dan mutu produknya dan hingga kini tetap diminati masyarakat Indonesia, pungkas Santo.